Apa Itu BPHTB? Yuk Kenali Pengertian BPHTB Lebih Detail | Metaproperty.co.id

Apa Itu BPHTB? Yuk Kenali Pengertian BPHTB Lebih Detail

310
Apa Itu BPHTB? Yuk Kenali Pengertian BPHTB Lebih Detail

Apa Itu BPHTB? Yuk Kenali Pengertian BPHTB Lebih Detail - Sewaktu hendak membeli rumah, kebanyakan orang yang baru pertama kali membeli rumah pasti akan bingung karena melihat adanya biaya lain yang harus dibayar, salah satunya yakni BPHTB. Sayangnya tidak semua orang tahu apa itu BPHTB. Lantas, apa itu BPHTB?

Baca Juga : 

Tips Menghilangkan Efek Negatif yang Ada Dirumah Tusuk Sate

Tanggal 1 Agustus Mendatang, Cicil Rumah Sudah Bisa Tanpa DP

Cara Agar Bisa Membeli Furnitur Secara Mandiri

 

Apa Itu BPHTB? Yuk Kenali Pengertian BPHTB Lebih Detail

BPHTB adalah pajak yang dikenakan terhadap orang yang memperoleh hak atas tanah ataupun bangunan. BPHTB sendiri ada karena terjadinya proses jual beli, hibah, hibah wasiat, tukar menukar, pemasukan dalam badan hukum ataupun perseoran, pemisahan hak yang mengakibatkan peralihan, penunjukan pembeli dalam lelang, penggabungan usaha, pemekaran usaha atau hadiah dan lainnya.

Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2000 tentang Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pemberian Hak Pengelolaan termasuk sebagai objek pajak. Hal tersebut karena sebagai penerima Hak Pengelolaan, maka ia akan memperoleh manfaat dari segi ekonomi dari tanah atau bangunan yang dikelolanya.

Akan tetapi, karena biasanya yang mendapatkan Hak Pengelolaan adalah Lembaga Pemerintah atau Non Departemen, Departemen, Pemerintah Daerah, Lembaga Pemerintah lainnya dan Perum Perumnas. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mencari keuntungan dan sebagainya, maka BPHTB harus diatur melalui Peraturan Pemerintah.

Perlu diketahui, setiap orang baik itu pribadi maupun badan yang memperoleh Hak atas Tanah atau Bangunan termasuk sebagai subjek pajak yang wajib dikenakan BPHTB. Menurut aturan yang berlaku, besaran BPHTB adalah 5%.

Pembayaran BPHTB sendiri cukup mudah dan para wajib pajak diberi kepercayaan untuk menghitung, melapor dan membayarnya sendiri menggunakan SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah).

Caranya menghitungnya sendiri cukup mudah, Begini cara menghitung BPHTB yang mudah dan cepat.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Itulah pengertian dari BPHTB yang harus kamu ketahui apabila berencana membeli rumah pertama. Dengan mengetahui apa itu BPHTB dan cara menghitungnya, anda bisa menyusun dan menyesuaikan dana atau budget yang diperlukan untuk membeli rumah dan membayar biaya-biaya lain yang diperlukan dengan tepat. Semoga bermanfaat!