WNA Bisa Beli Rumah di Indonesia? Begini Syaratnya! | Metaproperty.co.id

WNA Bisa Beli Rumah di Indonesia? Begini Syaratnya!

301
WNA Bisa Beli Rumah di Indonesia? Begini Syaratnya!

WNA Bisa Beli Rumah di Indonesia? Begini Syaratnya! - Banyak yang bertanya-tanya, apakah WNA (Warga Negara Asing) bisa punya atau beli rumah di Indonesia? Sebenarnya jawabannya bisa, namun terdapat syarat yang harus dipenuhi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomon 103 Tahun 2015 mengenai Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia.

WNA (Warga Negara Asing) yang berkedudukan di Indonesia yang dimaksud disini adalah mereka yang bukan WNI (Warga Negara Indonesia) namun memberikan manfaat, bekerja, memiliki usaha, atau yang berinvestasi di Indonesia.

Baca Juga : Begini Tips Agar Ruang Keluarga Tampak Lebih Luas

WNA Bisa Beli Rumah di Indonesia? Begini Syaratnya!

Menurut PP Pasal 2 ayat 1, “Orang Asing dapat memiliki rumah untuk tempat tinggal atau hunian dengan Hak Pakai”. Apabila suatu saat WNA tersebut meninggal dunia, properti milik mereka bisa diwariskan juga. Namun pewaris / ahli waris harus mempunyai izin tinggal di Indonesia.

Tak hanya itu, bagi WNI yang menikah dengan WNA juga memiliki hak atas tanah. Lantas rumah bagaimana yang bisa dimiliki oleh WNA di Indonesia?

  • Rumah tunggal diatas tanah Hak Pakai atau Hak Pakai di atas Hak Milik dan dikuasai sesuai dengan perjanjian pemberian Hak Pakai di atas Hak Milik dengan akta PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah).
  • Rumah susun yang dibangun diatas tanah Hak Pakai.

Baca Juga : Begini Tips Manfaatkan THR Untuk DP Rumah!

Berdasarkan isi dari PP 103/2015, Orang Asing bisa memiliki rumah tunggal diatas tanah Hak Pakai dalam jangka waktu 30 tahun dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu 20 tahun. Rumah tunggal diatas hak tanah diatas hak milik yang bisa dimiliki Orang Asing sesuai dengan perjanjian, diberikan hak pakai tidak lebih lama dari 30 tahun.

Jika ingin diperpanjang untuk jangka waktu 20 tahun sesuai dengan kesepakatan antara Orang Asing dengan pemegang hak atas  tanah, dapat diperbaharui untuk jangka waktu paling lama 30 tahun. Menurut PP Pasal 8 Nomor 103 Tahun 2015, “Perpanjangan dan pembaharuan sebagaimana dimaksud dilaksanakan sepanjang Orang Asing masih memiliki izin tinggal di Indonesia”.

Itulah syarat agar WNA bisa beli rumah di Indonesia. Semoga bermanfaat!