Waspada Tertipu !! Ini Alasan Mengapa Agen Properti Anda Harus yang Berlisensi | Metaproperty.co.id

Waspada Tertipu !! Ini Alasan Mengapa Agen Properti Anda Harus yang Berlisensi

178
Waspada Tertipu !! Ini Alasan Mengapa Agen Properti Anda Harus yang Berlisensi

Waspada Tertipu !! Ini Alasan Mengapa Agen Properti Anda Harus yang Berlisensi -  Apakah Anda baru belajar tentang dunia properti dan tertarik untuk menjadi seorang Agen Properti? Atau anda sedang kesulitan menemukan Agen yang cocok dan dapat Anda percaya untuk mencari dan menjual Properti Anda? Kebanyakan dari Anda pasti berpikir bahwa Agen Properti sama dengan seorang calo jual-beli semata dan banyak yang berpikir bahwa seorang “calo” tidak perlu berlisensi apalagi bernaung dalam sebuah perusahaan dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang agen properti. Anggapan seperti itulah yang membuat banyak orang asal memilih agen properti dan tidak sedikit yang berujung tertipu .

Untuk menambah wawasan Anda agar waspada tertipu oleh Agen Properti “abal – abal”, dibawah ini kami akan menjelaskan tentang Mengapa Agen Properti Anda Harus yang Berlisensi .

  1. Dasar Hukum

Agar agen properti bekerja secara profesional, AREBI terus mendorong anggotanya agar memiliki sertifikat/lisensi dan Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4). Selain wajib memiliki SIU-P4, kini broker properti juga wajib bersertifikat/berlisensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti Indonesia (BPI). Hal itu tertuang dalam aturan PERMENDAG No.105/M-DAG/PER/12/2015 tentang pemberlakukan Standar  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia kategori real estate golongan pokok real estate bidang perantara perdagangan properti.

Nah, negara saja sudah mewajibkan Agen Properti untuk berlisensi jadi jangan coba main-main ya.

 

  1. Pengetahuan Tentang Legalitas Jual-Beli

Seberapa pentingkah seorang agen properti harus memahami aspek legalitas properti yang ditawarkannya? SANGAT PENTING. Dalam jual-beli properti itu ada dua hal: fisik dan legalitas dari properti tersebut. Kalau calon pembeli sudah suka pada fisik propertinya (bangunannya), maka tinggal masalah legalitasnya. Keuntungan dari menggunakan jasa Agen Properti yang berlisensi adalah sudah pasti seorang Agen Properti yang berlisensi mengerti dan kredibel tentang seluk-beluk legalitas property yang pastinya akan memudahkan Anda dalam proses jual-beli properti Anda.

 

  1. Pengalaman dan Profesionalitas

Agen properti baru tidak bisa langsung mendapatkan lisensi dikarenakan persyaratan yang harus dilengkapi seorang agen sebelum diperbolehkan mengajukan sertifikasi/lisensi. Jadi jika Agen Properti anda memiliki lisensi, sudah pasti Agen Anda adalah seorang professional yang sudah lama berkecimpung di bidangnya. Jika Agen Properti Anda sudah berlisensi dan berpengalaman, Anda juga akan lebih percaya dan dapat menyerahkan segala urusan properti bahkan mungkin menyerahkan kunci rumah Anda kepada Agen Properti tersebut.

Jadi kesimpulannya, seluruh Agen Properti memang harus berlisensi agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di negara. Jadi jangan sampai tertipu yah sama agen “abal-abal” !!!