Tips supaya pembelian apartemen lancar dan tanpa kendala | Metaproperty.co.id

Berikut Tips Supaya Pembelian Apartemen Lancar dan Tanpa Kendala

253
Tips supaya pembelian apartemen lancar dan tanpa kendala

Berikut Tips Supaya Pembelian Apartemen Lancar dan Tanpa Kendala - Bagi anda yang mobilitas sehari-hari selalu di pusat kota, tentu akan lebih memilih hunian di pusat kota. Namun melihat harga rumah di pusat kota yang pastinya sangat mahal membuat keinginan untuk memiliki rumah sendiri sulit terealisasikan. Nah, apartemen bisa menjadi solusi utama bagi anda yang mencari hunian di pusat kota namun dengan harga yang lebih murah.

Untuk urusan pembelian apartemen juga terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan agar pembelian apartemen lancar dan tanpa kendala. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga : Tips Beli Rumah Baru Untuk Para Generasi Milenial

Berikut tips supaya pembelian apartemen lancar dan tanpa kendala!

Lakukan perhitungan dengan tepat

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum membeli apartemen adalah hitung dan pastikan dahulu dana yang anda miliki. Dana tersebut juga harus telah mencakup biaya provisi apabila anda berencana untuk membeli apartemen dengan metode KPA (Kredit Kepemilikan Apartemen).

Tak hanya itu, biasanya promosi pada apartemen jauh lebih menggiurkan dibandingkan dengan rumah tapak. Contohnya seperti DP 0%, bebas cicilan selama beberapa bulan dan masih banyak lagi. Usahakan untuk tidak langsung tergiur dengan promosi yang ditawarkan. Jadikan lokasi sebagai pedoman utama dalam memilih apartemen.

Hal lain yang juga harus anda perhitungkan adalah rentang waktu tenor dan jumlah cicilan yang harus dibayar. Umumnya proses KPA dilakukan dalam rentang waktu yang panjang dan lama, oleh karena itu sebaiknya diskusikan dahulu kepada broker kepercayaan ataupun penasehat keuangan dalam menentukan tenor dan besaran cicilan yang harus dibayar setiap bulannya agar kondisi keuangan anda tetap sehat dan stabil.

Antisipasi kenaikan harga apartemen

Setiap developer memiliki strategi tersendiri dalam memasarkan produknya, salah satunya adalah menaikkan harga. Menaikkan harga apartemen juga tidak sembarangan dan ada waktunya. Seperti pada saat pergantian tahun atau pada saat terdapat beberapa unit yang terjual habis dalam waktu yang singkat.

Baca Juga : Alasan Mengapa Investasi Apartemen Lebih Menguntungkan!

Biasanya harga apartemen akan naik sekitar 10% dalam waktu 1 tahun. Namun ada juga yang tidak mengalami kenaikan. Harga apartemen yang naik tentu menjadi hal yang positif bagi reputasi apartemen tersebut. Namun bagi anda calon konsumen, sebaiknya segera melakukan booking fee agar mendapatkan harga normal sebelum harga apartemen naik.

Harga apartemen yang semakin naik tentu berpengaruh pada ilustrasi KPA yang telah anda susun sebelumnya. Jika harga apartemen sudah terlanjur melejit dan anda belum melakukan booking fee, sebaiknya pikirkan ulang sebelum mengambil keputusan.

Cari apartemen yang sudah ada wujudnya

Tips terakhir adalah sebaiknya mencari apartemen yang sudah ada wujudnya. Hal ini dibutuhkan agar anda dapat mengetahui atau memiliki bayangan langsung akan seperti apa wujud dan konsep dari tempat tinggal anda nantinya. Anda juga bisa membuat perencanaan desain kedepannya apabila apartemen yang anda pilih sudah ada wujudnya. Jika memang apartemen yang anda pilih masih belum rampung, setidaknya carilah apartemen yang sudah ada show unitnya.

Itulah tips supaya pembelian apartemen lancar dan tanpa kendala. Semoga bermanfaat!