Strategi membeli rumah dengan gaji 5 juta | Metaproperty.co.id

Strategi Membeli Rumah Dengan Gaji 5 Juta

238
Strategi membeli rumah dengan gaji 5 juta

Strategi Membeli Rumah Dengan Gaji 5 Juta - Jika anda sudah terpikir untuk ingin memiliki rumah sendiri, maka anda ingin menjadi orang yang mandiri dan mapan. Rumah telah menjadi kebutuhan pkok setiap orang yang harus di penuhi. Maka dari itu jika anda memiliki peluang, jangan menunda lagi.

Mungkin anda minder dengan gaji anda yang masih 5 juta perbulan. Tenang, pertanyaan itu wajar muncul karena harga rumah yang memang tergolong mahal. Kenaikan harga properti sudah sangat melaju kencang. Bila lokasi strategis dan berlokasi dekat dengan transportasi publik, maka harganya pasti tinggi.

Inilah yang menjadi penyebab mengapa banyak orang menunda membeli rumah. Keputusan ini justru tidak akan membawa harga rumah terus berlari. Laju pertumbuhan pendapatan tidak dapat mampu untuk mengimbanginya. Maka akhirnya banyak orang terjebak dalam mengontrak rumah, menumpang rumah orang tua dsb. Padahal semakin lama menunda beli rumah, maka akan sulit membeli rumah.

Berikut ini strategi membeli rumah dengan gaji 5 juta

Menghitung Kemampuan Finansial

Sulit membeli dengan tunai, maka beli lah dengan KPR. Bank biasanya meloloskan pengajuan KPR jika cicilan maksimal itu sepertiga dari penghasilan rutin anda. Seperti misal gaji anda 5 juta, maka cicilan bulanan biasanya sebesar 1.5 juta. Maka dari itu jangan khawatirm masi banyak rumah murah dengan tawaran cicilan di bawah 2 juta perbulan.

Membuat perencanaan detail

Setelah anda melakukan perhitungan dengan kemampuan cicilan setiap bulan, maka selanjutnya anda perlu menyiapkan kebutuhan uang muka untuk pembelian rumah. Seperti contohnya anda ingin rumah 200 juta, maka besarnya uang yg di perlukan untuk uang muka KPR adalah 20% yang berarti 40 juta. Uang sebesar itu bisa anda dapatkan dengan menyisihkan 35% dari penghasilan bulanan sebesar 1,75 juta per bulan selama 2 tahun. Karena penyimpanan dana uang muka ini terbilang singkat, maka sebaiknya anda tidak memutar uang anda pada produk investasi.

Cari rumah seuai kemampuan

Carilah rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial anda. Rumah dengan tanah yang luas, bangunan besar dan lokasi strategis pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar. Mimpi untuk memiliki rumah ideal adalah hal yang wajar, tapi lebih baik realistis saja. Carilah rumah dengan harga terjangkau.

Itulah strategi membeli rumah dengan gaji 5 juta. Semoga bermanfaat!