Perhatikan Hal Ini Bila Anda Ingin Bangun Rumah Sendiri!

101
Perhatikan Hal Ini Bila Anda Ingin Bangun Rumah Sendiri!

Perhatikan Hal Ini Bila Anda Ingin Bangun Rumah Sendiri! - Beberapa waktu ini sering terdengar berita mengenai warga Bandung yang terpaksa pindah rumah karena akses masuk rumahnya ini di block oleh pembangunan rumah tetangganya. Bila anda ingin membangun rumah sendiri, sebaiknya anda perlu perhatikan beberapa hal.

Membangun rumah sendiri telah menjadi impian semua orang. Hal ini dikarenakan bisa mendesain rumah sesuai dengan yang diinginkan. Membangun rumah sendiri juga bisa menghemat budget, tapi untuk mewujudkan hal itu, tidak semua orang mempunyai dana yang cukup. Ini dikarenakan segala bahan baku material harus dibeli langsung.

Tapi tenang saja, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan bila anda ingin membangun rumah sendiri. Jangan sampai hal yang merugikan ini menimpa anda.

Berikut ini Hal yang harus di perhatikan ketika ingin membangun rumah sendiri

Lahan Tidak Bersengketa

Perlu di catat bahwa bila anda ingin membeli tanah atau lahan dari seseorang untuk bangun rumah, pastikan bahwa lahan tersebut memiliki sertifikat asli dari pemilik. Anda bisa memastikan hal ini melalui Badan Pertahanan Nasional apakah sertifikat tanah si pemilik tercatat. Bila sudah dipastikan asli, maka anda bisa mempertimbangkan utnuk membeli tanah tersebut.

Lingkungan Sekitar

Bila anda hendak membangun rumah, perhatikan lingkungan sekitar area lahan. Apakah bila anda membangun rumah pihak tetangga tergganggu atau merasa dirugikan? Setidaknya rumah yang anda bangun tidak menutupi akses keluar masuk tetangga. Jangan sapai kasus blokade rumah warga Bandung ini terjadi lagi.

Mengurus Izin Mendirikan Bangunan

Bukti IMB bukan hanya berlaku ketika membangun sebuah perumahan, gedung perkantoran ataupun rumah ibadah. Membangun rumah sendiri wajib mengantongi IMB. Ketentuan IMB biasanya terdapat aturan tata ruang yang hampir disemua pemerintah daerah guna mewujudkan ketertiban, keselamatan , kenyamanan dan keselamatan hukum ketika seseorang mendirikan bangunan.

Jadi anda perlu mengurus IMB ketika membangun rumah. IMB memiliki berbagai keuntungan. Diantaranya kepastian dan perlindungan hukum sudah terjamin ketika anda membangun rumah. Selain itu juga ketika anda menjual rumah ber-IMB, akan memudahkan pembeli untuk yakin bahwa rumah anda sudah sesuai aturan.

Izin Warga Setempat

Bila anda merasa lahan yang akan anda bangun tidak bermasalah, maka rencana membangun rumah sendiri tinggal di laksanakan. Namun, anda harus meminta izin pada warga setempat bila anda ingin membangun rumah. Ini dikarenakan aktivitas membangun rumah biasanya mengganggu lingkungan sekitar.

Tidak jarang para tetangga akan terganggu dengan bahan material rumah anda yang tersimpan di aera jalan ataupun suara berisik terdengar ketika aktivitas pembangunan rumah berlangsung. Namun perhatikan baik-baik, bila membangun rumah sesuai dengan keinginan dan budget sendiri terlaksanakan, anda tidak perlu khawatir lagi di kemudian hari.