Perbedaan condotel dengan apartemen, untungan mana untuk investasi | Metaproperty.co.id

Perbedaan Condotel dengan Apartemen, Untungan Mana Untuk Investasi?

278
Perbedaan condotel dengan apartemen, untungan mana untuk investasi

Perbedaan Condotel dengan Apartemen, Untungan Mana Untuk Investasi? - Saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk investasi di bidang properti. Hal ini dikarenakan investasi properti merupakan jenis investasi yang paling menjanjikan saat ini. Selain aman, keuntungan yang didapat juga berkali-kali lipat.

Salah satu jenis properti yang banyak dilirik saat ini untuk dijadikan ladang investasi adalah condotel dan apartemen. Sebelum membahas keuntungan dari kedua jenis investasi tersebut, mungkin masih banyak diantara kalian yang bingung apa sih perbedaan condotel dengan apartemen?

Secara umum, condotel dan apartemen itu hampir sama. Condotel sendiri merupakan singkatan dari kondominium hotel. Bahasa lainnya condotel adalah apartemen fungsinya dijadikan seperti hotel. Untuk urusan spesifikasi, condotel tidak berbeda jauh dengan apartemen. Condotel juga memiliki berbagai tipe seperti 2 kamar tidur, 3 kamar tidur dan lainnya.

Condotel sendiri ada dikarenakan semakin maraknya angka kebutuhan akan hotel di tempat-tempat wisata. Condotel juga banyak ditemukan di tempat wisata seperti di Bali, Lombok, Belitung dan masih banyak lagi tempat wisata yang menjadi incaran turis mancanegara maupun lokal.

Condotel juga memiliki fasilitas yang tak kalah lengkap dengan hotel berbintang. Mulai dari kolam renang, bar, restoran, spa, ruang meeting, pusat kebugaran, hingga taman bermain juga ada di condotel. Jadi, apa yang membedakan condotel dengan apartemen? Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga : Apakah Asian Games Berdampak pada Pasar Properti Indonesia?

Berikut perbedaan condotel dengan apartemen, untungan mana untuk investasi?

Condotel sudah fully furnished, maka dari itu anda tidak perlu repot-repot membeli perabot lagi. Sedangkan apartemen rata-rata hanya diberikan instalasi air dan listrik saja. Jadi anda masih harus membeli perabotan untuk mengisi unit apartemen.

Desain interior dari condotel tidak bisa diubah karena sudah ditentukan oleh manajemen pengelola. Sedangkan desain interior pada apartemen dapat anda ubah sesuai dengan keinginan.

Condotel hanya dapat ditempati atau digunakan 7 kali saja dalam setahun. Artinya, anda tidak bisa bebas menempati condotel. Sebaliknya, anda bisa tinggal di apartemen kapanpun yang anda ingingkan. Anda juga bisa menyewakan apartemen untuk orang lain.

Keuntungan condotel biasanya dibagikan kepada manajemen yang mengelola. Sharing profit dari condotel sebesar 70% untuk investor atau pemilik condotel dan 30% untuk manajemen pengelola. Sedangkan keuntungan dari apartemen seluruhnya menjadi milik anda.

Baca Juga : Berikut Tips Supaya Pembelian Apartemen Lancar dan Tanpa Kendala

Pertanyaannya adalah, mana yang lebih menguntungkan? Investasi condotel atau apartemen? Jawabannya adalah apartemen. Hal ini dikarenakan sifat kepemilikan apartemen yang sepenuhnya menjadi milik anda. Sedangkan condotel memiliki masa waktu kepemilikan yakni maksimal 30 tahun. Jika masa waktu kepemilikan habis, maka condotel akan dikembalikan lagi kepada pihak manajemen pengelola. Tak hanya itu, apartemen juga memiliki nilai capital gain yang lebih tinggi dibandingkan condotel.

Namun bukan berarti condotel tidak menguntungkan loh. Jika melihat dari titik impas (BEP), condotel dapat memberikan keuntungan lebih cepat dibandingkan dengan apartemen. Jika condotel berada di lokasi yang strategis, anda hanya perlu waktu 2-3 tahun untuk mencapai titik impas (BEP). Sedangkan untuk apartemen, dibutuhkan waktu hingga 5 tahun untuk mencapai titik impas (BEP).

Tak hanya itu, condotel juga memberikan jaminan ROI (Return of Investment) sebesar 8% tiap tahunnya. Jadi jika anda memiliki sebuah condotel dengan harga Rp 800 juta, maka anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 64 juta setiap tahunnya.

Itulah perbedaan condotel dengan apartemen beserta perhitungan keuntungan investasi antara condotel dengan apartemen.