Pengertian RoI dan Capital Gain Dalam Dunia Properti

27
Pengertian RoI dan Capital Gain Dalam Dunia Properti

Pengertian RoI dan Capital Gain Dalam Dunia Properti - Bagi kamu yang menggeluti dunia properi tentu tahu beberapa istilah yang ada dalam dunia properti. Salah satunya RoI (Return on Investment) dan capital gain. Nah bagi kamu yang hendak masuk ke dunia properti atau berinvestasi properti namun tidak mengetahui kedua istilah tersebut, sebaiknya cari tahu dahulu penjelasannya. Penasaran? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga : Inilah Sanksi Apabila Renovasi Rumah Tanpa Memiliki IMB

Berikut pengertian RoI dan Capital Gain dalam dunia properti

Pengertian Capital Gain

Capital gain merupakan keuntungan atau laba yang diperoleh dari suatu investasi. Harga properti yang lebih tinggi pada saat dijual disbandingkan dengan pada saat dibeli menghasilkan keuntungan bagi investor, sebaliknya apabila harga jual lebih rendah dibandingkan harga beli maka investor mengalami kerugian (capital loss).

Bagi kamu yang berencana untuk berinvestasi properti dan ingin mendapatkan capital gain, sebaiknya tahan dahulu atau jangan menjual properti yang sudah dibeli dalam waktu dekat. Karena tujuan utama dari investasi properti adalah mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dalam jangka panjang. Semakin lama properti ditahan, maka capital gain akan semakin besar pula.

Biasanya potensi kenaikan harga dari sebuah rumah adalah 10%-20% setiap tahunnya. Namun jika rumah berada di lokasi yang masih tahap pengembangan dan memiliki prospek yang baik, nilai kenaikannya bisa mencapai 25-30%.

Baca Juga : 4 Tips Agar Pengajuan KPR Diterima Bank Tanpa Halangan

Pengertian RoI (Return on Investment)

Dalam dunia property, RoI kerap digunakan untuk menentukan nilai keuntungan dari sebuah investasi properti. RoI sendiri merupakan sebuah persentase dari total laba yang didapat baik itu melalui capital gain ataupun income dari sewa yang dikurangi total investasi dan dibagi total investasi.

Contohnya apabila kamu berinvestasi properti dengan membeli sebuah apartemen seharga Rp 500 juta yang 2 tahun berikutnya naik harganya menjadi Rp 600 juta. Nah, selama 2 tahun tersebut unit apartemen disewa dengan harga Rp 48 juta pertahun. Dengan begitu, kamu memperoleh keuntungan sebesar Rp 84 juta dari uang sewa.

Ilustrasi perhitungan RoI-nya seperti berikut:

Penghasilan sewa selama 2 tahun : Rp 84 juta

Capital gain selama 2 tahun : Rp 600 juta – Rp 500 juta = Rp 100 juta

Keuntungan total : Rp 184 juta

RoI : Rp 184 juta per Rp 500 juta x 100% = 36,8% (2 tahun) atau 18,4% per tahun.

Itulah pengertian RoI dan Capital Gain dalam dunia properti. Semoga bermanfaat!