Kriteria Rumah Yang Bisa Dimiliki Melalui BPJS Ketenagakerjaan

105
Kriteria Rumah Yang Bisa Dimiliki Melalui BPJS Ketenagakerjaan

Kriteria Rumah Yang Bisa Dimiliki Melalui BPJS Ketenagakerjaan - Mungkin masih banyak diantara kalian yang belum mengetahui bahwa KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dapat difasilitasi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Padahal program ini merupakan program yang sangat bagus terutama bagi anda yang berencana untuk mencicil rumah dengan bunga yang rendah.

Hal ini dikarenakan BPJS Ketenagakerjaan tetap memberikan suku bunga tetap selama masa cicilan dengan aturan BI rate plus sebesar 3%. Saat ini sendiri, BI rate berada di angka 4,75%. Jika anda tertarik, mungkin anda bertanya-tanya, rumah seperti apa sih yang bisa dicicil melalui BPJS Ketenagakerjaan?

Kriteria Rumah Yang Bisa Dimiliki Melalui BPJS Ketenagakerjaan

Nah, untuk kriteria rumahnya sendiri sebenarnya sangat mudah. Executive Vice President Non Subsidized Mortgage & Consumer Lending Division Bank BTN, Suryanti Agustinar mengatakan bahwa, “Kriteria rumah yang bisa dicicil dengan BPJS Ketenagakerjaan adalah rumah yang harganya harus dibawah Rp500 juta. Jenis huniannya sendiri bisa apartemen ataupun rumah tapak baik itu dalam kondisi bekas ataupun baru. Syarat lain adalah sebagai pemohon, harus sudah merupakan karyawan tetap minimal satu tahun”.

Selain itu, program ini hanya berlaku bagi mereka yang belum memiliki rumah alias merupakan pembelian rumah pertama. Untuk proses pengajuannya sendiri tidak berbeda dengan pengajuan cicilan rumah pada umumnya. Setelah menentukan rumah yang akan dibeli, anda tinggal mengajukan permohonan KPR ke pihak bank yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk saat ini, baru Bank BTN saja yang bekerjasama.

Setelah mengajukan permohonan KPR, anda akan mengikuti prosedur pada umumnya seperti BI checking untuk mengetahui track record anda. Jangan lupa juga untuk menyertakan kartu BPJS Ketenagakerjaan anda.

Jika anda memenuhi syarat, pihak bank akan melakukan pengecekan ke pihak BPJS Ketenagakerjaan terkait keaslian dan kedisiplinan peserta dalam membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan. Jika semuanya memenuhi syarat, pihak BPJS Ketenagakerjaan nantinya akan memberikan rekomendasi kepada pihak bank bahwa anda telah lolos persyaratan KPR. Dengan begitu, anda bisa segera memiliki rumah yang diajukan melalui KPR BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah kriteria rumah yang bisa dimiliki melalui BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat!