KPR Tanpa Dp, Penjualan Properti Bisa Naik Hingga 10% - Meta Blog | Metaproperty.co.id

KPR Tanpa Dp, Penjualan Properti Bisa Naik Hingga 10%

211
KPR Tanpa Dp, Penjualan Properti Bisa Naik Hingga 10%

KPR Tanpa Dp, Penjualan Properti Bisa Naik Hingga 10% - Bank Indonesia membebaskan Loan To Value (LTV) untuk pembelian rumah pertama kepada bank. Dengan begitu, perbankan dapat memberi syarat DP KPR memungkinkan 0% menurut perhitungannya.

Real Estat Indonesia menilai bahwa kebijakan ini dapat mendorong pertumbuhan industri properti. Dimana dalam satu tahun kedepan akan berdampak besar pada peningkatan penjualan sebanyak 10%.

Ketua umum REI Soelaeman Soemawinata menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik dengan kebijakan tersebut. Relaksasi ini dinilai dapat mendorong pertumbuhan properti. Ia berharap bahwa ini merupakan salah satu dimana properti bisa memulai pergerakan positif.

Ia mengatakan dengan pemanfaatan kebijakan ini, pengusaha properti dapat merancang produknya agar dapat diminati oleh konsumen. Terlebih lagi ada ruang dimana KPR bagi rumah pertama ini tidak diatur.

Soelaeman menjelaskan bahwa kebijakan pelonggaran LTV ini menjadi obat bagi para industri properti yang sedang melesu. Setidaknya dalam satu tahun kedepan, setelah kebijakan ini berjalan, penjualan properti akan bertambah hingga 10%.

Kini BI telah menetapkan kebijakan relaksasi aturan LTV dengan rasio LTV Fasilitas Kredit pertama tidak diatur lagi dan akan diserahkan kepada perbankan, untuk fasilitas kredit dua dan seterusnya berada pada kisaran 80 sampai 90 persen.