Kenaikan Harga Rumah Tertinggi Triwulan I 2019 Terjadi di Batam | Metaproperty.co.id

Kenaikan Harga Rumah Tertinggi Triwulan I 2019 Terjadi di Batam

120
Kenaikan Harga Rumah Tertinggi Triwulan I 2019 Terjadi di Batam

Kenaikan Harga Rumah Tertinggi Triwulan I 2019 Terjadi di Batam - Bank Indonesia (BI) melaporkan Survei Harga Properti Residensial mengindikasikan akselerasi kenaikan harga properti residensial di pasar primer. Survei Harga Properti Residensial merupakan survei triwulanan yang bertujuan untuk mengetahui sumber tekanan inflasi dari sisi permintaan dan memperoleh informasi mengenai perkembangan dan sumber tekanan harga properti residensial sebagai salah satu indikator inflasi harga asset.

Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia (BI) menunjukkan harga hunian di pasar primer mengalami kenaikan sepanjang kuartal I-2019. Kenaikan harga terjadi pada tipe rumah kecil dan menengah. Pada triwulan I-2019, harga rumah tipe kecil mengalami peningkatan dari 0,39% menjadi 0,72%. Demikian pula rumah tingkat menengah mengalami peningkatan 0,28% menjadi 0,60%. Berbeda dengan tipe rumah kecil dan menengah. Rumah tipe besar justru mengalami penurunan harga dari 0,39% menjadi hanya 0,20%.

Berdasarkan hasil survei Bank Indonesia (BI) tentang kenaikan harga properti residensial, wilayah kenaikan harga properti residensial tertinggi terjadi di kota Batam. Survei itu menyebutkan, harga properti residensial di Batam pada triwulan I 2019 mengalami pertumbuhan sebesar 2,67 persen (quartal to quartal), lebih tinggi dibandingkan 0,49 persen (quartal to quartal) pada triwulan sebelumnya.

Sementara itu secara tahunan, kenaikan harga properti residensial mengalami peningkatan dua kali lipat dari 2,02 persen pada triwulan sebelumnya, menjadi 4,75 persen (year on year). Secara triwulan, meningkatnya kenaikan harga properti residensial terjadi pada tipe rumah kecil, menengah dan besar. Pada triwulan 1 2019 kenaikan harga rumah tipe kecil mengalami peningkatan dari 0,43 persen (quartal to quartal) pada triwulan sebelumnya menjadi 3,95 persen (quartal to quartal).

Sementara pada rumah tipe menengah meningkat dari 0,70 persen pada triwulan sebelumnya menjadi 2,65 persen% pada triwulan 1 2019. sedangkan pada rumah tipe besar kenaikan harga meningkat dari 0,33 persen menjadi 1,40 persen pada triwulan I 2019.