Berikut kelebihan dan kekurangan dalam investasi sewa rumah | Metaproperty.co.id

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Dalam Investasi Sewa Rumah

275
Berikut kelebihan dan kekurangan dalam investasi sewa rumah

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Dalam Investasi Sewa Rumah - Berinvestasi tentu memiliki banyak kelebihan dan kekurangan salah satunya investasi properti. Hal tersebut wajib anda ketahui apabila berencana untuk memulai investasi properti dengan membeli rumah untuk kemudian disewakan kembali.

Menyewakan rumah memang termasuk salah satu jenis investasi properti yang paling banyak dipilih karena cukup mudah dan menjanjikan tentunya. Namun perlu diingat bahwa setiap investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jangan hanya tergiur akan keuntungannya saja, anda juga harus mempertimbangkan kemungkinan resiko yang akan dialami. Oleh karena itu, yuk simak kelebihan dan kekurangan dalam investasi sewa rumah.

Baca Juga : 

Lihat manfaat yang bisa didapatkan dari Asuransi

Apa Itu BPHTB? Yuk Kenali Pengertian BPHTB Lebih Detail

Bingung Bagaimana Cara Menghitung BPHTB? Begini Caranya!

Berikut kelebihan dan kekurangan dalam investasi sewa rumah

Kelebihan

Dibandingkan dengan rumah yang dijual, rumah yang disewa memiliki tingkat permintaan lebih tinggi di pasaran. Apalagi jika rumah tersebut berada di kawasan atau lokasi yang strategis. Tentu nilai investasi rumah tersebut akan menjadi semakin tinggi.

Peranan lokasi memang sangat penting dalam hal investasi properti. Anda juga bisa memilih rumah di lokasi yang dekat dengan perumahan besar. Dengan begitu, rumah yang anda sewakan bisa sekaligus menjadi strategis karena biasanya disekitar perumahan besar akan terdapat fasilitas yang lengkap dan membuat calon penyewa tertarik untuk menyewa rumah anda.

Dengan menyewakan rumah anda, anda bisa memperoleh keuntungan capital gain dalam jangka panjang.

Biasanya harga sewa rumah berkisar 5% dari harga rumah. Jadi jika rumah tersebut berharga Rp600 juta, maka anda bisa menyewakan rumah tersebut seharga Rp30 juta pertahun.

Bila di tahun-tahun berikutnya kondisi ekonomi sekamin stabil, anda bisa menaikkan harga sewa menjadi 10%-15% tergantung kondisi di sekitar rumah tersebut.

Kekurangan

Investasi sewa rumah juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah jangka waktu sewa rumah yang cukup pendek. Biasanya hanya antara 1-2 tahun saja. Lama penyewaan juga tergantung penyewa dan kondisi serta lokasi rumahnya juga. Jika penyewanya adalah seorang ekspatriat, jangka waktu sewanya biasa lebih lama.

Anda sebagai penyewa rumah juga harus berhati-hati dalam memilih penyewa rumah. Hal yang biasa sering terjadi adalah kerusakan rumah yang disewakan karena penyewa tidak bertanggung jawab dan tidak bisa menjaga rumah dengan baik. Biasanya mereka kerap berpikir bahwa rumah yang disewakan bukanlah rumah mereka. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk lebih selektif dalam memilih calon penyewa yang baik.

Itulah kelebihan dan kekurangan dalam investasi sewa rumah. Semoga bermanfaat!