Kasus Dugaan Suap Mega Proyek Meikarta - Blog Meta | Metaproperty.co.id

Kasus Dugaan Suap Mega Proyek Meikarta

158
Kasus Dugaan Suap Mega Proyek Meikarta

Kasus Dugaan Suap Mega Proyek Meikarta - Proyek Meikarta yang berada di lokasi kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi ini sempat menjadi perhatian publik pada tahun lalu. Semua iklan proyek ini ada di semua media. Tagline “Aku ingin pindah ke Meikarta” pun sudah lengket di benak publik.

Setelah cukup lama tenggelam, kini nama Meikarta kembali terdengar. KPK menangkap 10 orang yang terkait suap proyek Meikarta tersebut. Selain 10 orang tersebut, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin juga ikut terciduk. Ia ditetapkan sebagai tersangka.

KPK menyebutkan bahwa Neneng dan pejabat di dinas pemerintah Kabupaten Bekasi terlibat suap mengenai perizinan Meikarta. Adapun duit Rp 1,5 Milliar disita oleh Komisi Antirasuah dalam bentuk dollar Singapura.

Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif mengatakan bahwa banyak dinas di Kabupaten Bekasi terseret dalam kasus suap proyek Meikarta. Hal ini dikarenakan pembangunan proyek Meikarta bisa dibilang cukup kompleks.

Proyek Meikarta memiliki rencana pembangunan apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit hingga tempat pendidikan. “Dibutuhkan banyak perizinan, diantaranya rekomendasi penanggulangan kebakaran, Amdal, banjir, tempat sampah, hingga lahan makam” Kata Laode dalam konferensi pers di Gedung KPK, Senin, 15 Oktober 2018.

Terkait dengan perizinan dan rekomendasi yang harus di penuhi, Laode pun menuturkan bahwa Lippo Group menjanjikan commitment fee fase pertama Rp. 13 Milliar. Namun yang diberikan hingga saat ini masih sekitar Rp 7 Milliar, yang dilakukan pada April, Mei, dan Juni 2018, ke berbagai dinas di Kabupaten Bekasi.