Jenis Investasi Properti yang Menggiurkan

108
Jenis Investasi Properti yang Menggiurkan

Jenis Investasi Properti yang Menggiurkan - Investasi dalam bidang properti telah menjadi hal yang paling menggiurkan. Ini dikarenakan hasil yang dihasilkan juga lumayan dan tergolong aman. Investasi satu ini bisa dibilang anti inflasi. Tapi ingat, anda perlu modal yang tidak sedikit. Coba bayangkan betapa enaknya menjadi juaragan kos-kos. Uang tetap mengalir walaupun anda tidur.

baca juga :

Ketika anda memiliki modal yang banyak, maka anda perlu memikirkan modal bisnis apa yang perlu anda jalankan. Bila anda terpikirkan untuk investasi bidang properti, maka anda bisa mewujudkan impan indah tersebut.

Berikut ini Jenis Investasi Properti yang Menggiurkan

Tanah

Tanah menjadi tujuan investasi yang paling mudah. Walau mudah, anda juga perlu memperhatikan legalitas dari tanah tersebut. Apakah nama pemilik tanah sesuai dengan sertifikat. Selain itu pastikan juga ukuran dari tanah tersebut apakah sesuai dengan di sertifikat.

Bila anda ingin harga tanah anda cepat naik, pilihlah lokasi strategis. Investasi tanah kosong terdapat beberapa keuntungan. Seperti contohnya perawatan yang minim. Anda bisa mendapatkan untung maksimal bila menjualnya dengan jangka panjang.

Sewa Rumah

Anda bisa mendapatkan yield 3 hingga 5 persen pertahun dengan sewa rumah. Rumah merupakan kebutuhan pokok. Anda tidak perlu takut sepi peminat. Tapi anda juga perlu memperhatikan lokasi rumah. Bila ingin mendapatkan hasil yang baik, pilihlah rumah dengan lokasi yang dekat dengan keramaian, perkantoran atau pabrik.

Hal ini sama juga dengan Tanah, anda juga mendapatkan keuntungan dengan menjualnya jangka panjang. Tapi perawatannya pasti berbeda dengan tanah. Investasi rumah perlu perawatan yang lebih besar. Apalagi mendapatkan penyewa yang kurang tanggung jawab.

Indekos

Bila anda tergiur dengan hasil yang lebih tinggi, bisnis indikos bisa menjadi pilihan anda. Anda bisa mengantongi yield sekitar 5 hingga 7 persen pertahun. Keunggulan dari Indekos adalah anda bisa mendulang untung dari usaha tambahan seperti Catering atau Laundry.

Ingat, pilihlah lokasi yang dekat perkantoran ataupun kampus agar bisnis indekos anda lancar. Berbeda dengan kontrakan, anda harus lebih teliti dalam perawatan indekos. Anda mungkin juga harus membayar orang untuk bertugas khusus membersihkan dan menjaga indekos.

Investasi Apartemen / Kondominium

Kebutuhan hunian vertikal yang semakin meningkat akibat dari keterbatasan lahan. Investasi hunian vertikal juga bisa menjanjikan. Investasi apartemen biasanya berpotensi mendapatkan yield 7 hingga 12 persen pertahun.

Kekurangan dari investasi ini adalah harus teliti dalam memilih apartemen. Bila salah pilih, maka akan sulit mendapatkan hasil maksimal. Seperti lokasi yang tidak strategis, ataupun berurusan dengan manajemen gedung yang kurang baik.

Investasi Ruko

Seperti jenis yang diatasnya juga, investasi ini tergantung lokasi anda. Anda akan bisa mendapatkan penyewa bila lokasi nya strategis. Bila anda salah pilih lokasi, maka anda akan sulit mendapatkan penyewa. Yield ruko biasanya berkisar 6 hingga 9 persen pertahun.