Generasi Milenial Sekarang Bisa Punya Rumah Sendiri Dengan Gaji 4 Juta | Metaproperty.co.id

Generasi Milenial Sekarang Bisa Punya Rumah Sendiri Dengan Gaji 4 Juta

554
Generasi Milenial Sekarang Bisa Punya Rumah Sendiri Dengan Gaji 4 Juta

Generasi Milenial Sekarang Bisa Punya Rumah Sendiri Dengan Gaji 4 Juta - Kelakuan generasi milenial yang terbilang cukup boros dalam kehidupan sehari-hari harus diperhatikan. Gaya hidup seperti nongkrong di kedai kopi mahal, hang out tiap minggu, hingga makan di restoran tematik sudah menjadi hal yang tidak terlepaskan dari generasi milenial.

Sebenarnya sebagai generasi muda, mengatur pengeluaran dan menabung sejak dini merupakan cara paling ampuh untuk memupuk masa depan yang cerah dan baik. Jika keuangan diatur dengan baik, bisa-bisa hanya 2 tahun bekerja sudah bisa DP rumah dengan hasil keringat sendiri.

Generasi Milenial Sekarang Bisa Punya Rumah Sendiri Dengan Gaji 4 Juta

Apalagi dengan pemerintah yang sekarang meluncurkan program-program yang memudahkan masyarakat untuk memiliki rumah sendiri, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan. Salah satu program yang dimaksud adalah FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Jadi, para generasi milenial bisa membeli rumah meski gaji dibawah Rp 4 juta.

Persyaratannya sendiri cukup mudah, umur pelamar KPR atau KPA subsidi adalah 21-45 tahun. Dokumen-dokumen yang diperlukan yakni KTP, NPWP, slip gaji, fotokopi rekening atau rekening koran, surat keterangan kerja minimal 2 tahun. Syarat lain adalah tidak boleh memiliki catatan kredit atau cicilan macet.

Program dari pemerintah ini sendiri ditujukan khusus bagi mereka yang belum pernah memiliki rumah pribadi. Bantuan pemerintah sendiri berupa subsidi bunga KPR sebesar 5% per tahun selama periode 15 hingga 20 tahun.

Lantas bagaimana jika gaji generasi milenial diatas Rp 4 juta? Apakah tetap ada bantuan atau program lain dari pemerintah? Ya, solusinya adalah layanan yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Layanan yang dimaksud disini adalah MLT (Manfaat Layanan Tambahan). Namun terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh generasi milenial.

  • Sudah terdaftar dan aktif sebagai peserta BPJS manfaat JHT (Jaminan Hari Tua) minimal 1 tahun.
  • Kantor tempat bekerja tertib dalam membayar administrasi atau iuran serta tidak termasuk ke dalam PDS (Perusahaan Daftar Sebagian) upah ataupun tenaga kerja.
  • Belum punya rumah pribadi.
  • Telah lolos verifikasi kredit dari pihak bank penyalur yang bekerjasama.
  • Harga rumah atau apartemen dibawah Rp 500 juta.

Jika anda generasi milenial telah lolos persyaratan diatas, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah:

  • Mengajukan fasilitas KPR, PUMP atau PRP ke bank yang telah bekerja sama dan disertai dengan fotokopi bukti kepesertaan BPJSTK.
  • Pihak bank akan melakukan BI Checking dan verifikasi.
  • Setelah melewati verifikasi, pihak bank akan melanjutkan permohonan anda ke kantor cabang BPJSTK untuk diverifikasi kembali.
  • Jika melewati verifikasi, pihak kantor BPJSTK akan mengirimkan formulir persetujuan ke pihak bank untuk kemdudian ditolak/diproses. Pihak bank akan mengonfirmasikan kepada peserta yang mengajukan kredit.

Bagaimana? Generasi milenial sekarang bisa punya rumah sendiri dengan gaji 4 juta juga kan? Semoga bermanfaat!