Biaya lain yang harus disiapkan ketika beli rumah baru | Metaproperty.co.id

Biaya Lain Yang Harus Disiapkan Ketika Beli Rumah Baru

166
Biaya lain yang harus disiapkan ketika beli rumah baru

Biaya Lain Yang Harus Disiapkan Ketika Beli Rumah Baru - Membeli rumah sendiri tentu merupakan salah satu pengalaman paling tak terlupakan. Apalagi kalau rumah yang dibeli merupakan rumah pertama, tentu rasanya ingin segera menempati rumah baru tersebut. Sangkin semangatnya, terkadang orang kerap lupa untuk menyusun dan menghitung kembali keuangan mereka.

Perlu diketahui, pada saat membeli rumah baru, biaya yang harus dibayar bukan hanya biaya rumahnya saja. Terdapat beberapa biaya lain yang harus anda siapkan. Nah penasaran apa saja? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Lebih Baik Beli Rumah dengan DP Besar atau DP Kecil ?

Berikut biaya lain yang harus disiapkan ketika beli rumah baru

Biaya perawatan rumah

Jika dulunya pada saat masih tinggal bersama orang tua, mungkin anda tidak akan repot-repot apabila terjadi kerusakan di rumah. Tinggal serahkan ke orang tua dan memanggil ahlinya. Nah, hal ini tentu berbeda drastis apabila sudah tinggal di rumah sendiri.

Apabila terdapat kerusakan, tentu anda yang harus turun tangan langsung. Tentunya dibutuhkan biaya untuk melakukan perbaikan ataupun renovasi. Oleh karena itu, anda harus selalu siap sedia untuk menyisihkan dana untuk biaya perawatan.

Baca Juga : Membangun Rumah Kontainer Tidak Memerlukan IMB

Biaya asuransi rumah

Sebagai pemilik rumah, tentu anda tidak ingin terjadi apa-apa pada rumah yang sudah susah payah anda beli. Oleh karena itu, anda dapat mendaftarkan rumah anda pada asuransi untuk melindungi rumah anda. Tentunya anda juga harus menyiapkan biaya tersendiri untuk membayar asuransi rumah anda.

Pajak properti

Biaya lain yang harus anda persiapkan adalah biaya pajak properti. Sudah menjadi hal wajib apabila memiliki properti sendiri untuk membayar pajak properti atau PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) setiap tahunnya. Besaran pajak yang harus dibayar sesuai dengan luas properti yang anda miliki.

Itulah biaya lain yang harus disiapkan ketika beli rumah baru. Semoga bermanfaat!