Begini Syarat Dan Tahap Mengurus Sertifikat Tanah Secara Gratis

176
Berikut syarat dan cara mengurus sertifikat tanah secara gratis

Begini Syarat Dan Tahap Mengurus Sertifikat Tanah Secara Gratis - Pemerintah melalui Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) mengeluarkan program yakni PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap). Dengan adanya program ini, masyarakat dapat menerbitkan dan mengurus sertifikat tanah secara gratis. Program ini sendiri sudah dijalankan sejak tahun 2017 dan menyasar sebanyak 80 juta tanah yang belum memiliki sertifikat.

Program ini dijalankan berkala dan ditargetkan selesai pada tahun 2025. Tahun lalu sendiri target Kementerian ATR/BPN adalah 5 juta sertifikat. Di tahun ini sendiri Pak Joko Widodo menaikkan target menjadi 8 juta sertifikat tanah di seluruh Indonesia. Kemudian di tahun berikutnya akan ditingkatkan menjadi 9 juta sertifikat, lalu 10 juta sertifikat tanah tiap tahun sampai tahun 2025.

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti program ini, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi dan tahap-tahap yang harus dilewati. Penasaran apa dan bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Berikut syarat dan cara mengurus sertifikat tanah secara gratis

Syarat mengikuti program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap)

KTP dan KK

Surat tanah seperti Akta Jual Beli, Akta Hibah, Letter C, Berita Acara Kesaksian, dan sebagainya

Tanda batas tanah yang sudah mendapat persetujuan dari pemilik tanah yang berbatasan

Bukti BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) dan PPh (Pajak Penghasilan)

Surat Pernyataan Peserta atau Surat Permohonan

Tahap Mengurus PTSL

Penyuluhan

Tahapan pertama adalah Penyuluhan yang dilakukan oleh petugas BPN dan diikuti oleh seluruh peserta PTSL di pedesaan atau kelurahan.

Pendataan

Tahapan kedua adalah pendataan yang dilakukan oleh petugas untuk menanyakan status dan riwayat dari tanah tersebut seperti dasar kepemilikan dan riwayat pajak.

Pengukuran

Tahapan ketiga adalah petugas akan melakukan pengukuran terhadap tanah dan batas kepemilikan tanah. Pihak pemohon harus menunjukkan letak, bentuk dan luas dari tanah yang diajukan. Pengukuran juga membutuhkan persetujuan dari para pemilik tanah yang berbatasan dengan tanah yang akan diukur.

Sidang panitia A

Tahap selanjutnya setelah mengukur tanah adalah para petugas akan meniliti data yuridis dan memeriksa lapangan. Para petugas juga akan mencatat seluruh data seperti sanggahan dan keterangan tambahan.

Pengumuman dan pengesahan

Setelah hasil sidang selesai, pengumuman persetujuan pengajuan sertifikat tanah akan diumumkan di kantor desa, kelurahan atau kantor pertanahan setempat.

Penertiban sertifikat

Terakhir, penertiban sertifikat akan di bagikan oleh petugas dari Kementerian ATR/BPN dan diserahkan langsung kepada pemohon / pemilik yang sah.

Itulah syarat dan cara mengurus sertifikat tanah secara gratis