Mana Lebih Baik? Beli Rumah Dari Developer Atau Pakai Jasa Arsitek? | Metaproperty.co.id

Mana Lebih Baik? Beli Rumah Dari Developer Atau Pakai Jasa Arsitek?

188
Mana Lebih Baik? Beli Rumah Dari Developer Atau Pakai Jasa Arsitek?

Mana Lebih Baik? Beli Rumah Dari Developer Atau Pakai Jasa Arsitek? - Akan tiba waktunya bagi seseorang untuk membeli rumah apabila sudah memiliki kemampuan finansial yang mencukupi. Hal yang akan dihadapi setelahnya adalah memutuskan apakah membeli rumah dari developer atau memakai jasa arsitek. Sebenarnya kedua pilihan tersebut ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga : Ingin Memulai Investasi Properti? Begini Cara Memulainya!

Mana Lebih Baik? Beli Rumah Dari Developer Atau Pakai Jasa Arsitek?

Kelebihan dari orang yang membeli rumah dari developer adalah lebih praktis dan mudah. Mereka hanya perlu datang atau mencari perumahan yang diinginkan, kemudian pilih tipe rumah seperti tipe klasik, minimalis, kontemporer atau lainnya dan tinggal bayar saja. Intinya adalah asalkan ada uang, setiap orang bisa langsung menempati rumah dari developer.

Sayangnya, membeli rumah dari developer juga memiliki kekurangan. Karena yang membangun rumah tersebut adalah developer, tentu desain dari setiap tipe rumah itu sama. Jadi rumah anda dan rumah tetangga anda akan mirip atau bahkan sama persis. Tidak akan ada keunikan tersendiri atau ciri khas dari rumah anda apabila membeli rumah dari developer.

Tak hanya itu, terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi cocok tidaknya sebuah rumah dengan diri anda. Kekurangan lain dari membeli rumah dari developer adalah rumah tersebut belum tentu cocok dengan diri anda. Baik itu dari segi desain, spesifikasi, warna, besar kecilnya ruangan atau lainnya.

Sebaliknya, jika anda menggunakan jasa arsitek, kelebihannya adalah rumah yang akan anda tinggali tidak akan sama dengan rumah tetangga sebelah karena desain rumah anda hanya khusus untuk anda seorang. Bahkan anda bisa menyesuaikan rumah yang cocok dengan kepribadian anda. Apa saja yang anda inginkan dapat diwujudkan oleh arsitek yang menanganinya.

Baca Juga : Begini Syarat Dan Tahap Mengurus Sertifikat Tanah Secara Gratis

Sayangnya, menggunakan jasa arsitek juga memiliki kekurangan yakni memerlukan waktu lebih lama. Menggunakan jasa arsitek tidak bisa mengharapkan hasil yang instan. Biasanya diperlukan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk arsitek agar dapat mewujudkan rumah impian anda. Belum lagi jika anda sulit menemukan arsitek yang handal dan tepat. Namun, apabila anda mendapatkan arsitek yang tepat, bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan rumah impian yang benar-benar khusus milik anda seorang.

Nah, beli rumah dari developer atau pakai jasa arsitek  memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas apakah memakai jasa arsitek pasti lebih mahal daripada membeli rumah dari developer?

Jawabannya tidak juga. Dengan menggunakan jasa arsitek, mereka dapat menyesuaikan rumah impian yang ingin kita bangun sesuai dengan budget yang kita miliki. Namun dengan desain dan model yang elegan dan tetap membuat rumah kita memiliki keunikan tersendiri.

Intinya semua kembali ke diri masing-masing, apabila anda tidak masalah dengan desain rumah yang sama dan ingin cepat tinggal di rumah baru, membeli rumah dengan developer tidaklah masalah. Namun bagi anda yang ingin rumah impian yang mencerminkan diri anda, menggunakan jasa arsitek bisa menjadi pilihan.