Begini Tips Menjaga Suhu Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

22
Begini Tips Menjaga Suhu Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

Begini Tips Menjaga Suhu Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC - Karena letak geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia disinari matahari sepanjang tahun. Di lain sisi, hal ini juga menyebabkan sinar matahari dapat membuat suhu di dalam ruangan menjadi terlalu pengap dan menyengat.

Oleh karena itu, banyak orang yang pada akhirnya memilih untuk memasang pendingin udara atau air conditioner (AC) agar ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman. Sayangnya, dengan menggunakan AC, tentu tagihan listrik akan melonjak. Nah, bagi kalian yang ingin ruangan di rumah tetap sejuk namun tanpa menggunakan AC, ada tipsnya loh. Penasaran?

Baca Juga : Begini Cara Mengurus Sertifikat Tanah Yang Rusak atau Hilang

Berikut tips menjaga suhu rumah tetap sejuk tanpa AC

Halau sinar matahari masuk melalui jendela

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghalau sinar matahari yang masuk ke rumah melalui jendela. Kamu bisa menggunakan tirai ataupun kerai jendela dari rotan atau bambu. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang kaca film agar intensitas cahaya matahari yang masuk dapat berkurang. Selain itu, penggunaan kaca film juga dapat membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

Letakkan tanaman

Bagi kamu yang tidak ingin memasang tirai tambahan, kamu bisa meletakkan berbagai tanaman di dekat jendela. Dengan begitu, tanaman dapat menghalau sinar matahari masuk ke dalam rumah.

Gunakan kipas angin dan es

Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, maka dapat mengurangi panas pada ruangan. Oleh karena itu, dibanding menggunakan AC, sebaiknya gunakan kipas angin yang diletakkan di dekat jendela supaya dapat mengeluarkan udara panas pada ruangan.

Nah jika ingin lebih sejuk, kamu bisa meletakkan sebongkah es batu di depan kipas angin. Dengan begitu, angin yang dihasilkan oleh kipas angin bisa menjadi lebih sejuk.

Baca Juga : Berikut Alasan Mengapa Orang Indonesia Gemar Beli Properti di Australia

Kurangi menggunakan barang yang menyebabkan panas

Terakhir, agar ruangan tidak pengap dan panas, cobalah untuk mengurangi pemakaian barang atau peralatan yang dapat menyebabkan panas. Salah satunya seperti terlalu sering membuka kulkas atau menggunakan hair dryer pada siang hari.

Itulah beberapa tips menjaga suhu rumah tetap sejuk tanpa AC. Semoga bermanfaat!