Begini Tips Manfaatkan THR Untuk DP Rumah!

131
Begini tips manfaatkan thr untuk dp rumah

Begini Tips Manfaatkan THR Untuk DP Rumah! - Tentu semua orang memiliki impian untuk memiliki rumah sendiri. Sayangnya, menabung untuk mengumpulkan DP rumah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tak jarang banyak kendala yang menghampiri  seperti keperluan mendadak atau hal lain yang membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit.

Sejatinya, rumah merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Namun masih banyak orang yang belum mampu dan menunda untuk membeli rumah. Padahal saat ini pengajuan KPR (Kredi Kepemilikan Rumah) sudah semakin mudah.

Meskipun persyaratannya mudah, tetap saja ada hal yang memberatkan yakni besaran DP (Down Payment) atau uang muka yang angkanya masih terbilang cukup besar. Saat ini BI (Bank Indonesia) sudah mengeluarkan kebijakan yang lebih ringan yakni DP sebesar 15% saja untuk pembelian rumah pertama, DP sebesar 20% untuk pembelian rumah kedua, dan DP sebesar 25% untuk pembelian rumah ketiga.

Sebenarnya banyak trik yang bisa dilakukan agar bisa memiliki rumah sendiri. Salah satunya adalah dengan menabung DP rumah. Kebetulan di Bulan Ramadhan terdapat banyak peluang untuk menabung DP rumah. Apalagi kalau bukan THR (Tunjangan Hari Raya).

Begini tips manfaatkan THR untuk DP rumah!

Pastikan pengeluaran tahunan

Seperti yang kita ketahui, THR (Tunjangan Hari Raya) adalah pemasukan tahunan. Oleh karena itu, penggunaannya juga harus bersifat tahunan. Jika anda berencana untuk manfaatkan THR untuk dp rumah, pastikan dahulu pengeluaran tahunan anda sudah terpenuhi. Misalnya pengeluaran untuk persiapan lebaran, mudik, liburan, hingga pembayaran pajak.

Sudah dikurangi pengeluaran tahunan

Maksud dari dikurangi pengeluaran tahunan adalah anda bisa memanfaatkan THR untuk DP rumah asalkan pengeluaran tahunan sudah terpenuhi. Dengan begitu, anda tidak akan mengalami krisis keuangan karena tidak bisa memenuhi kebutuhan tahunan anda.

Korbankan sesuatu

Demi menabung untuk DP rumah dengan memanfaatkan THR, tetap harus ada sesuatu yang dikorbankan. Misalnya merayakan Hari Lebaran dengan sesederhana dan sehemat mungkin. Dengan begitu, THR dapat dialokasikan lebih banyak untuk biaya DP rumah.

Itulah tips manfaatkan THR untuk DP rumah. Semoga bermanfaat!