Begini cara agar freelancer bisa punya rumah sendiri | Metaproperty.co.id

Begini Cara Agar Freelancer Bisa Punya Rumah Sendiri

304
Begini cara agar freelancer bisa punya rumah sendiri

Begini Cara Agar Freelancer Bisa Punya Rumah Sendiri - Memiliki rumah idaman merupakan hal yang sulit direalisasikan oleh para pekerja lepas ataupun freelancer yang mencari nafkah di kota besar. Walaupun harga properti terus meningkat, tapi masih banyak cara yang dapat di tempuh. Syarat KPR yang semakin sulit membuat para pekerja lepas ini menjadi sulit untuk memiliki rumah, tapi bukan berarti kamu tidak bisa membelinya

Berikut ini Cara Agar Freelancer Bisa Punya Rumah Sendiri

Menyimpan 30% penghasilan

Coba asumsikan penghasilan anda berkisar 6 juta hingga 8 juta perbulan , maka simpanlah penghasilan anda sekitar 30% perbulan. Setidaknya kamu telah menabung 1.8 atau 2.4 juta perbulan. Dalam dua tahun, anda bisa mengumpulkan tabungan sekitar 43 juta hingga 58 juta. Menabunglah  dengan displin dan tetap berhemat sesuai dengan perencanaan anda. Tabungan 50 juta ini bisa kamu gunakan unduk DP rumah 300 juta hingga 360 jutaan.

Menyisihkan dana untuk biaya lainnya

Banyak biaya lain yang perlu disiapkan ketika kamu ingin membeli rumah seperti notaris, balik nama, ataupun administrasi lainnya. Sebagai pekerja lepas, harus pintar menabung dari sisa penghasilan bulanan anda. Setidaknya 10% dari penghasilan anda itu digunakan untuk biaya lain lain. Dengan cara ini, dalam kurun waktu 2 tahun, anda bisa memiliki uang untuk membayar biaya lainnya.

Memanfaatkan promo kredit

Carilah pengembang yang memberikan promosi kredit dengan tenor dan jangka waktu yang panjang. Anda bisa mencari ini di pameran properti ataupun promo kredit yang lagi di gelar oleh bank. Pastikan juga angsurannya murah dan bisa terjangkau dengna penghasilan bulanan anda.

Alternatif kredit lainnya

Perlu diketahui bahwa KPR ataupun KPA bukanlah salah satu cara untuk mendapatkan properti secara kredit. Selain kedua hal itu, masih ada fasilitas lain yang bisa anda manfaatkan seperti mendapatkan kredit langsung dari pengembang, atau biasa disebut kredit in house.

Biasanya pada sistem ini pengembang berperan persis seperti bank, kredit yang di tawarkan tidak terlalu panjang, hanya sekitar 2hingga 3 tahun. Kamu juga bisa meminjam dana dari orangtua ataupun saudara untuk membeli rumah. Triknya gampang, berikan segala penjelasan mengenai skema pembayaran agar mereka dapat mempercayaimu untuk bisa melunasi pinjaman.

Membeli pemasaran pertama

Jika kamu telah membeli properti ketika properti tersebut pertama di pasarkan,, biasanya pengembang akan memberikan harga murah. Maklum saja karena properti masih berbentuk gambar, dan sebatas market. Ketika harga itu masih murah, tapi jika sudah di bangun apalagi hampir selesai, maka harga tersebut pasti bisa naik.

Itulah cara agar freelancer bisa punya rumah sendiri. Semoga bermanfaat!