4 Tips Agar Pengajuan KPR Diterima Bank Tanpa Halangan

37
4 Tips Agar Pengajuan KPR Diterima Bank Tanpa Halangan

4 Tips Agar Pengajuan KPR Diterima Bank Tanpa Halangan - Mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) memang susah-susah gampang. Tak jarang kamu membutuhkan strategi tertentu agar pengajuan KPR diterima oleh pihak bank. Salah satu cara agar pengajuan KPR diterima adalah dengan melengkapi dokumen dan persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, kamu juga harus pintar-pintar menyusun strategi nih. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk simak langsung penjelasannya berikut inI!

Baca Juga : Berikut Kelebihan Utama KPR Syariah!

Berikut 4 tips agar pengajuan KPR diterima bank tanpa halangan

Pastikan tidak masuk dalam blacklist BI

Banyak orang tentu melupakan atau justru sama sekali tak terpikirkan akan hal ini ketika akan mengajukan KPR. Padahal jika seseorang masuk dalam blacklist oleh BI, tentu akan sulit mendapatkan kredit dari pihak bank.

Alasannya tentu jelas, pihak bank tidak ingin meminjamkan uangnya kepada seseorang yang tidak bisa membayar cicilan kredit mereka. Oleh karena itu, pastikan dahulu bahwa kamu tidak pernah menunggak cicilan dan tidak masuk dalam blacklist BI.

Sudah memiliki penghasilan tetap

Maksud dari poin ini adalah sebaiknya kamu sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Setidaknya lampirkan rekening tabungan yang rutin bertambah minimal 3 bulan terakhir. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan pihak bank bahwa kamu mampu untuk membayar cicilan KPR tiap bulannya. Jangan lupa juga untuk melampirkan slip gaji dan surat keterangan kerja dari tempat kamu bekerja.

Baca Juga : Begini Tips Menjaga Suhu Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

Ketahui batas usia minimal dan maksimal

Tak jarang juga pengajuan KPR seseorang ditolak karena usianya yang sudah akan memasuki masa pensiun. Perlu diketahui, pihak bank menetapkan bahwa batas usia minimal pada saat mengajukan KPR adalah 21 tahun atau sudah menikah dan pada saat kredit berakhir maksimal berusia 55 tahun bagi pegawai atau 60 tahun untuk professional.

Coba ajukan di beberapa bank

Nah terakhir, cobalah untuk mengajukan KPR tak hanya pada satu bank saja. Kamu bisa mencoba di tiga bank berbeda. Mengapa? Hal ini dikarenakan pegawai bank juga merupakan manusia yang memiliki subjektivitas.

Waktu pengajuan KPR juga penting untuk diperhatikan loh. Waktu yang paling tepat untuk mengajukan KPR adalah pada minggu ketiga atau minggu keempat karena biasanya pihak bank sedang mengejar target. Nah, hindari juga mengajukan KPR pada bulan Desember karena pihak bank sedang sibuk-sibuknya.

Itulah 4 tips agar pengajuan KPR diterima bank tanpa halangan. Semoga bermanfaat!